Manajemen Pengetahuan (KM)

Knowledge Management (KM) atau Manajemen Pengetahuan adalah serangkaian strategi, sistem dan teknik yang digunakan oleh individu, team dan korporasi untuk mengelola 'knowledge' atau pengetahuan yang ada.

Bagi banyak praktisi KM, 'knowledge' lebih cenderung diartikan sebagai 'pemahaman', 'insights' atau 'experience' subjective yang diperoleh seseorang ketika mempraktikkan sebuah informasi dalam realita pekerjaan. Knowledge ini kemudian umumnya dibakukan dalam bentuk proses bisnis, praktik, peraturan ataupun bentuk dokumentasi lain.

Sesuai dengan sifat 'knowledge' yang demikian subjective, validasi sebuah 'individual knowledge'menjadi 'collective knowledge' hanya bisa tercapai jika terbangun proses "knowledge sharing" atau tukar menukar individual knowledge yang terus menerus dan berkesinambungan. Collective knowledge yang tervalidasi dan terdokumentasi adalah sumber kekuatandalam konteks korporasi atau organisasi

Semua organisasi melakukan pengelolaan pengetahuan baik secara sadar maupun tidak. Masalahnya adalah ketika pengetahuan yang dimiliki dikelola dengan tidak terencana, tertata dan terintegrasi secara baikl dengan strategi bisnis secara umum, maka  kapabilitas dari Sumber Daya Manusia yang ada, jika  artinya punya banyak SDM di dalam daftar gaji bulanan tapi pada akhirnya SDM tersebut tidak ada gunanya untuk menjaga kelangsungan serta peningkatan daya saing perusahaan

Ada banyak teknik pengelolaan pengetahuan yang sering dilakukan seperti
         knowledge harvesting, atau merangsang tumbuh kembangnya pengetahuan dengan berbagai pola penghargaan dan inovasi
         community of practice, komunitas diskusi dan tukar menukar pengetahuan agar menjadi kekuatan
         after action review, melakukan rencana aksi atas usulan perubahan yang terjadi
         best practice, kumpulan praktek terbaik yang bisa dijadikan contoh dalam meningkatkan daya saing organisasi atau perusahaan

Hampir semua teknologi Informasi yang ada dan berubah begitu cepat perkembangannya pada dsaranya adalah sangat mendukung implementasi dan perkembangan manajemen pengetahuan (KM). Tantangan utama bagi pimpinan organisasi/perusahaan adalah bagaimana memformulasikan sistem  dan teknologi KM yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan bisnis, prioritas dan level integrasi knowledge yang diperlukan oleh organisasi


Di Indonesia kegiatan KM secara nasional yang reguler dilakukan dalam bentuk penghargaan MAKE (Most Admired Knowledge Enterprise) Awards yang biasanya diikuti oleh BUMN dan perusahaan Swasta Nasional. MAKE Award juga dilakukan pada level asia dan global. berbagai perusahaan nasional dan multi nasional telah menjadi pemenang rutin MAKE AWARD yang menujukkan adanya pengelolaan pengetahun dengan baik pada perusahaan tersebut.

Penulis pernah terlibat dalam mengembangkan KM pada beberapa perusahaan

0 komentar:

Posting Komentar

 
Animated Chocolate Heart Shiny Love

Translate