BUMN AWARD

BUMN Award Foundation Umumkan 40 Nominator CEO Terbaik

RABU, 14 JULI 2004 | 14:39 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: BUMN Award Foundation (BAF) hari ini mengumumkan 40 Chief Excecutif Officer (CEO) Badan Usaha Milik Negara terbaik 2004. Para CEO itu, diseleksi BAF bersama tim independen dari 120 BUMN yang memenuhi persyaratan sebagai kandidat. 

"Nama para nominator ini, masih akan diseleksi untuk menerima penghargaan BUMN Award yang diserahkan presiden saat pembukaan Indonesia BUMN Expo 28 Juli nanti," kata ketua pelaksana BUMN and CEO Award, Yanto Sugiharto di Jakarta, Rabu (14/7).

Dari 40 nominator tersebut, antara lain, Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Edie Haryoto, Direktur Utama BNI, Sigit Pramono, Direktur Utama BRI, Rudjito, Direktur Utama PLN, Edi Widyono, Direktur Utama Bank Mandiri, ECW Neloe dan Direktur Utama PT Telkom, Kristiono. 

Menurut Ketua Dewan Juri, Martani Huseini, yang menjadi kriteria dalam penentuan nominasi tersebut adalah kemampuan CEO dalam menumbuhkembangkan perusahaan dan pencapaian target, kemampuan melakukan kepemimpinan dan inovasi dalam menghadapi persaingan, kemampuan mengatasi krisis perusahaan dan penyelarasan program perusahaan serta kemampuan melakukan tata kelola perusahaan yang baik dalam jajaran manajemen perusahaan.

Selain CEO, BAF juga mengumumkan 40 nominasi BUMN terbaik. Martani menyatakan, kriteria untuk BUMN adalah kinerja keuangan, penilaian kinerja operasional, penerapan tata kelola perusahaan yang baik dan implementasi program pengembangan masyarakat. 

BUMN Menunjang Perekonomian Bangsa
30 Juli 2004 00:00:00 / ekobayong / dibaca: 2098 kali / Kat: Audit
"Lewat langkah-langkah restrukturisasi BUMN mampu mengembalikan kinerja menjadi lebih bagus. Salah satu prestasi yang cukup membanggakan adalah dari setoran pajak, " demikian Laksamana Sukardi dalam pemaparannya di seminar BUMN 2004. Katanya lagi, tahun 2003, kontribusi BUMN dalam pajak mencapai Rp 245 triliun. Yang lebih mengagumkan jumlah pajak yang telah dikumpulkan BUMN selama 2001 hingga 2004 mencapai Rp 774 triliun. Nilai ini melampaui penerimaan pajak selama kurun waktu 1969 hingga tahun 2000 yang nilainya hanya Rp 670 triliun. Itulah hasil jerih payah teman-teman di BUMN dan juga stakeholder, ujar Laksamana. 
Laksamana juga mengatakan dalam perekonomian Indonesia khususnya dalam APBN, nilai penerimaan pajak hampir selalu lebih rendah dari pengeluaran rutin. Itulah sebabnya, kekurangan itu harus ditutup dengan utang luar negeri. Kontribusi BUMN yang juga signifikan terlihat pada perannya terhadap APBN. Pada tahun 1998 sumbangannya tercatat baru Rp 12 triliun. Namun pada tahun 2003 meningkat jadi Rp 52 triliun. Kontribusi BUMN terhadap pasar modal, kata Laksamana diwujudkan dengan go publicnya BUMN dan privatisasi, yang telah berhasil meraih 35 persen kapitalisasi di pasar modal. 
Selain pelaksanaan seminar, acara yang diselenggarakan oleh Kementrian BUMN ini juga memilih BUMN terbaik dan CEO BUMN terbaik. Dalam pemilihan tersebut terpilih Dirut PT Telkom Kristiono sebagai Chief Executive Officer (CEO) BUMN of The Year 2004. Sementara itu keluar sebagai BUMN of The Year 2004 adalah PT Bank Rakyat Indonesia . Beberapa BUMN lain juga memperoleh penghargaan untuk berbagai kategori penilaian. Untuk BUMN terbaik di sektor konstruksi dimenangkan PT Waskita Karya, BUMN sektor keuangan PT Asuransi Kesehatan Indonesia, BUMN sektor logistik PT Angkasa Pura II, BUMN sektor agro industri dan pupuk PT Petrokimia Gresik, sektor energi dan telekomunikasi PT Tambang Batu Bara Bukit Asam, BUMN sektor farmasi dan industri kimia PT Biofarma. Dalam kaitannya dengan penerapan Good Corporate Governance (GCG) terpilih sebagai BUMN terbaik adalah PT Perkebunan Nusantara XII dan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) dinyatakan terbaik dalam manajemen inovasi. Untuk kegiatan seminar akan berlangsung sampai sore ini (Jumat, 30/07). Menurut rencana seminar ini nanti juga akan ditutup oleh Laksamana Sukardi, sementara kegiatan pameran BUMN masih akan berlangsung hingga hari Minggu, 1 Juli 2004. Penyelenggaraan BUMN dan CEO BUMN Award telah berlangsung sejak 2001. Ajang ini merupakan salah satu upaya untuk mendorong peningkatan kinerja BUMN sebagai salah satu pelaku ekonomi nasional yang mengelola aset negara.
(adri)


JUM AT, 16 JULI 2004

40 Direktur Masuk Nominator CEO Terbaik

JAKARTA-- BUMN Award Foundation (BAF) mengumumkan 40 nominator pemimpin eksekutif (CEO) Badan Usaha Milik Negara terbaik 2004. Para nominator CEO tersebut akan diseleksi kembali BAF bersama tim independen. 
"Nama para nominator ini, masih akan diseleksi untuk menerima penghargaan BUMN Award yang diserahkan Presiden saat pembukaan Indonesia BUMN Expo 28 Juli nanti," kata ketua pelaksana BUMN and CEO Award Yanto Sugiharto di Jakarta kemarin.

Mawar Kusuma - Tempo News Room

0 komentar:

Posting Komentar

 
Animated Chocolate Heart Shiny Love

Translate