MBNQA

(Malcolm Balridge National Quality Award)

Suatu penghargaaan dalam bidang mutu atau kualitas yang diberikan oleh suatu lembaga independen di Amerika Serikat sejak tahun 1988 kepada perusahaan Amerika atau afiliasinya yang mempunyai prestasi atau keunggulan dalam bidang mutu atau kualitas.

(www.balridge21.com). Amerika mengembangkan hal ini, pada awalnya adalah dalam rangka meningkatkan mutu produk barang Amerika yang saat itu mulai kalah dengan mutu produk dari Jepang, oleh karena itu pemerintah pada saat ini melalui kementrian perindustrian dan perdagangan melakukan ajang pemberian penghargaan atau award pada perusahaan Amerika yang berhasil melakukan program peningkatan mutu.

Ada tujuh area atau perspektif yang dilakukan penilaian dalam pola MBNQA yaitu : 1. Leadership (Kepemimpinan); 2. Strategic Planning (Perencanaan Strategis); 3.Customer and Market Focus (Fokus Pelanggan dan Pasar); 4. Measurement, Analysist and Knowledge Management (Pengukuran, analisa dan Manajemen Pengetahuan); 5.Workforce focus (Fokus sumber daya); 6. Process Management (Manajemen Proses); 7.Result.(Hasil akhir). Selain itu dengan perkembangan industri dan juga teknologi, jenis penghargaan atau award telah berkembang dari semula hanya untuk bisnis (1988) saat ini (2008) telah berkembang untuk industri Pendidikan, Kesehatan, Organisasi non profit.

Telah banyak negara lain melakukan atau meniru pola penghargaan yang sama untuk meningkatkan mutu produk dari industri yang ada di negara tersebut, Indonesia sendiri sejak tahun 2005 mulai mengadopsi hal ini (lihat www.indonesiaqualityaward.org)

Untuk dapat mengikuti atau mengadopsi pola MBNQA ada beberapa langkah yang perlu dipersiapkan yaitu: Dimulai dari adanya kepedulian dan keinginan yang kuat dari pimpinan perusahaan untuk melakukan hal ini, kemudian diikuti adanya tim yang dibentuk untuk mempersiapkan segala sesuatunya.

Secara ringkas tahapan yang biasa dilakukan adalah: 1. Awareness Meeting untuk jajaran pimpinan; 2. Pembentukan Tim sesuai dengan area perspektif MBNQA 3. Pelatihan dan pemahaman tentang MBNQA 4. Pembentukan assessor internal 5. Penyusunan bahan untuk penilaian 6. Melakukan proses penilaian yang didahului presentasi para penanggung jawab area perspektif 7 Penentuan nilai oleh assessor.

Ingin tahu lebih lanjut tentang MBNQA, silahkan email ke yantosgh@yahoo.com


0 komentar:

Posting Komentar

 
Animated Chocolate Heart Shiny Love

Translate