JKT-PWT-JKT

• Selasa, 26 Agutus 2008, Tepat pukul 08:10 menit kereta api argo lawu jurusan Jakarta-Solo berangkat dari stasiun Gambir. Kereta berangkat agak terlambat dari semestinya pukul 08:00. Sepanjang perjalanan kereta tidak mengalami hambatan yang berarti dan kereta tidak berhenti di stasiun yang lain seperti Jatinegara, Bekasi, Cikarang, Cikampek, Cirebon selain stasiun Purwokerto, Jogyakarta dan Solo.
  • Akhirnya setelah menempuh lima jam lima menit kereta tiba di Purwokerto pada pukul 13:15. kami segera menuju Hotel Borobudur di jalan Yosodarmo 32 Purwokerto telp 0281-635341 untuk kemudian pukul 14:00 kami telah ditunggu rapat dengan DAOP 5. Hotelnya cukup lumayan sederhana tapi bersih, kami menempati kamar VIP dengan harga 325 ribu permalam dan fasilitas AC, TV, ruang tamu dsb.
  • Rapat berjalan dengan baik dan berakhir pukul 16:30, karena jam kantor di Purwokerto dari jam 07:00 hingga jam 16:00. kami lanjutkan untuk segera makan siang yang lokasinya tidak jauh dari hotel. Ternyata ada soto yang cukup enak dan terkenal yaitu soto khas Purwokerto di jalan Bank dengan harga yang cukup murah hanya 6000 rupiah.
  • Sehabis makan soto, kami lanjutkan wisata kuliner di sekitar hotel dengan makan Tempe Mendoan Echo 21 dengan harga per box 20 ribu berisi 12 buah.
  • Tepat pukul 17:30 kami kembali ke hotel dan beristirahat,malam harinya pukul 20:00 kami berjalan kaki ke alun-alun kota Purwokerto dan duduk di lapangan alun-alun sambil makan bakso serta minum wedang ronde khas Purwokerto
  • Tepat pukul 21:30 kami kembali ke hotel untuk beristrirahat karena rencananya besok pagi pukul 05:30 kami sudah dijemput untuk berangkat ke stasiun Kroya melihat aktivitas pemeliharaan rel.
  • Pukul 05:00 sarapan pagi sudah dikirim ke kamar, karena rencananya akan berangkat pukul 05:30 ke stasiun, tetapi ternyata jadwal berubah karena terjadi kecelakaan pada tim yang akan mendampingi Menhub melihat jalur KA, sehingga kami harus menjadwal ulang kunjungan kami, pukul 10:00 kami ikut mengantar jenazah dari rumah duka,kemudian melanjutkan pertemuan di kantor Daop5
  • Sehabis sholat kami makan siang sate kambing muda di RM sate gule kambing muda UTAMA SARI, jl Perintis Kemerdekaan, rasanya enak banget dan dagingnya empuk. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan ke stasiun Kroya, kurang lebih 45 menit perjalanan dari Purwokerto. Sekitar pukul 15:30 perjalanan dilanjutkan melihat pintu perlintasan KA di jalur selatan lintasa 51 dan kemudian melihat operasional mesin MTT untuk membantu pemeliharaan dan pengerasan bantalan rel di stasiun Humpuih khususnya jalur selatan. sekitar pukul 17:15 kami meninggalkan stasiun dan kembali ke Purwokerto, tiba di Purwokerto sekitar pukul 18:45 dilanjutkan dengan makan malam pecel lele dan ayam di warung lamongan di pinggir jalan sekitar 5 km arah keluar purwokerto ke bumiayu. pukul 20:00 kami kembali ke hotel dan beristirahat
  • Kamis, 28 agustus, kami melanjutkan pengumpulan data dan diskusi di kantor DAOP 5, walaupun pada hari itu bertepatan dengan acara ulang tahun KA yang dimajukan dari yang seharusnya tgl 23 September mengingat pada saat itu bula puasa. pukul 11:30 kami sedikit berwisata di Baturaden dengan membayar 3000 rupiah per-0rang sambil berjalan-jalan di taman wisata baturaden dan melihat air terjun tiga, kebun binatang, jembatan gantung yang rubuh dan sudah diganti dengan yang beton sehingga kehilangan nilai artistiknya
  • Pukul 14:00 kami makan siang di RM Warung Deso, yang ternyata nunggunya lama dan makanannya kurang begitu enak, tapi karena lapar jadi habis juga, sekitar jam 15:00 perjalanan dilanjutkan ke Sukaraja untuk beli oleh-oleh getuk goreng khas Purwokerto kemudian ke toko oleh oleh sumber Asih di tengah kota Purwokerto dan kemudian makan tempe mendoan lago di Echo 21. sekitar pukul 17:00 kami kembali ke hotel
  • pukul 19:30 kami makan malam di ayam bakar ABG (Ayam Baru Gede) yang lumayan juga rasanya, padahal tadinya mau makan soto Sungeb khas Purwokerto tapi ternyata pada jam itu sudah pada tutup.sekitar pukul 22: kami kembali ke hotel
  • Jumat, 29 Agustus , ini hari ultahku lho,kami diundang makan pagi oleh kenalan pensiunan bea cukai yang bermukim di Purwokerto, dengan nasi gudek dan tempe mendoan purwokerto, makan mulai jam 07:00 hingg 09:00, kemudian kami kembali ke hotel untuk persiapan kembali ke Jakarta dengan KA jam 11:00.
  • Tepat pukul 10:30 kami meninggalkan hotel borobudur menuju stasiun, ternyata kereta Argo Dwipangga agak lambat masuk stasiun dan baru bisa berangkat dari purwokerto pukul 11:50 dan tiba di jakarta dari jadwal semula pukul 16:00 sampai jatinegara pukul 17:40.