Jakarta-Seoul-Jakarta

Minggu, 16 Nopember 2008 berangkat dari rumah selepas magrib sekitar pukul 18:15, ternyata perjalanan lancer dan tiba di bandara soekarno hatta pukul 19:00. saya langsung masuk dan ke counter 40 KAL (Korean Air Lines) untuk mendapatkan boarding dan tempat duduk nomor 36 B dari pesawat KE 628. Barang bagasi saya hanya 15 kg, setelah membayar pajak seratus ribu saya mendapatkan kursi nomor 36B dan langsung menuju ruang boarding setelah diperiksa bebas fiscal dan paspor S 178030
sambil menunggu waktu ckeck ini yang dijadwalkan 21:25 karena pesawat berangkat pukul 21;55 saya menunggu di executive lounge dengan menggunakan kartu gold Citibank (gratis dengan bayar point)
Selama menunggu di lounge sambil sempat sholat Isya, ketemu dirut INKA yang mau ikut tender di Malaysia, ketemu juga pak nanang (eks barata) yang bawa rombongan haji dan berangkat pukul 00:25
tepat pukul 21:25 kami menuju ruang tunggu pesawat dan langsung menuju pesawat yang lepas landas tepat pukul 21:55. duduk disebelah orang korea (wanita umur 40-an) yang ternyata ndak bisa bahasa inggris. Makanan mulai disajikan pukul 22:30 cukup lumayan nasi kare terus tidur walaupun ndak enak rasanya tidur di kursi
Senin, 17 Nopember 2008, tepat pukul 06:45 waktu setempat atau pukul 04:45 waktu Indonesia pesawat mendarat di Incheon (15 km dari Seoul), proses imigrasi bisa lewat dengan cepat terus ambil bagasi dan keluar ketemu mr lee dari ETRI yang sudah menunggu diluar
Ternyata kami harus menunggu lagi di kaffe sambil menunggu rombongan lain, sebelumnya telah ada delegasi Vietnam 2 orang yang dating. Ditemani ms tina (interpreter dari ETRI) yang akan memandu rombongan selama di korea
tepat pukul 09:00 setelah rombongan dari Uzbekistan dating kami berangkat menuju Daejon dengan menggunakn minifan, total penumpang 9 orang (3 indonesia, 2 vietnam, 2 uzbekistan, 1 korean, 1 supir). Perjalanan cukup capai sehingga harus berhenti di jalan (?) untuk melepaskan pegel dan minum the (1000W) serta kue waffle (1400W)
tepat pukul 12:15 kami tiba di Daejon, hotel Yousung dan saya ditempatkan dikamar 668, kami makan siang jam 12:45 di restoran hotel (gardenia Caf�), lumayan makanan buffet internasional, suhu di daejon lagi dingin berkisar 3-5 derajat, terus kami istirahat, mandi dan tidur2an sebentar
pukul 15:00 Boni dan istri serta Nyoman datang berkunjung, karena mereka titip rending padang sederhana masing2 10 buah, plus ada lima baju batik yang harus diserahkan kebeberapa dosen di ICU (Information Communication University)
pukul 15:45 kami berangkat dengan mobil boni lihat kota Daejon, tempat Korean EXPO 1993 (dulu pernah kesini waktu masih BPIS) dan ICU, mulai dari lantai 5 (tempat boni, nyoman), Business IT Engineering, lab teknik, ruang seminar (lantai 9), kantin dan book store (lantai dasar)
pukul 18:30 tiba kembali di hotel, jalan2 di took seputar hotel, cobain telur pindang khas korea dan pukul 19:00 rombongan pergi makan malam di restoran khas korea (jalan kaki 10 menit dari hotel) sampai pukul 21:00 dan kita kembali ke hotel
Selasa, 18 Nopember 2008, pagi pukul 07:00 kami sudah sarapan di hotel dengan menu internasional breakfast, pukul 08:45 kami berkumpul di loby hotel untuk kemudian bersama-sama berangkat ke tempat symposium di ETRI, perjalanan memakan waktu 15 menit dengan menggunakan mini bus MVP kapasitas 9 orang
Kami sampai di gedung 7 ETRI sekitar pukul 09:30 dan menuju kemeja pendaftaran serta berkenalan dengan pimpinan ETRI seperti Mr. Choi Mr. Kim dsb.
Tepat pukul 10:15, symposium dibuka dengan pengantar dari Direktur ETRI (Mr Kwan Ho Kim), dilanjutkan dengan penjelasan agenda seminar oleh Mr Ichcan Lee (Head of Globa Marketing ETRI) dan penjelasan tentang ETRI oleh Mr Young Ben Choi (Principal Member ETRI)
Presentasi pertama oleh Direktir Minister Knowledge Economoy (MKE) Mr.Jeongil Kim yang menjelaskan tentang New IT Strategy
Presentasi kedua oleh Dr Ilsue Roh (Technology Strategy Divuision) yang menjelasak tentang kerjasama ETRI dengan berbagai lembaga dalam pengembangan SDA
pukul 12:00, tiba waktu break makan siang, kami menuju ke ruang makan eksekutif di gedung 1 ETRI, udara lumayan dingin banget waktu jalan dari gedung 7 ke gedung 1. menu makan khas korea lagi
Pukul 14:00 kami meninjau ruang pamer ETRI yang memperkenalkan beberapa temuan teknologi ETRI seperti: Robot yang bisa membantu manusia, mesin editing film agar lebih baik dan mengurangi efek (sudah digunakan di holywood), Rumah otomatis yang semua bisa dikendalikan dari HP, Mobil otomatis kendali dari HP, Pendeteksi bencana (RFID), kebakaran, gempa dsb. Mesin copy melalui jalur manusia, lukisan otomatis dari foto, Sel surya foto voltaik
Pukul 15:00 kami kembali ke ruang simposium dan melanjutkan presentasi ke tiga dari vietnam (Mr Tran) tentang ICT Development Policies in Vietnam yang kemudian dilanjutkan dengan Mr Lam tentang Aplikasi HP dalam penanggulangan bencana di Vietnam
Pukul 16:30 presentasi KORES (Mr Song) tentang Prpopsal project investasi di Tavam Tolgoi Mongolis dalam mengelola tambang batu bara yang kemudian dilanjutkan presentasi Mr Oh (Broadcasting & Telcom Lab ETRI) tentang perkembangan teknologi yang telah dilakukan oleh ETRI dalam bidang telekomunikasi dan broadcast
Pukul 17:30 simposium selesai dan kami kembali ke hotel dengan menggunakan taxi (3 buah) karena mini bus yang dipesan mogok dijalan dan sulit mencari pengganti karean jam pulang kantor, macet
Pukul 19:00 kami makan malam di hotel dengan para pimpinan ETRI hingga pukul 21:00
Pukul 21:00- 22:00 kami jalan-jalan di seputar hotel untuk menghilangkan penat walau suhu sempat -2 derajat dan turun bakal salju
Rabu, 19 Nopember 2008, pukul 07:00 kami sarapan dan pukul 08:45 berkumpul di loby dan bersama-sama menggunakan minibus menuju ETRI
Presentasi pukul 09:30 oleh Mr Cho (IT Convergence Tech ETRI) yang menjelaskan tentang aktivitas riset dalam bidang IT konvergen kemudian dilanjutkan pukul 10:00 oleh Mr Meliboyev (Uzbekistan) tentang perkemangan system informasi dan telekomunikasi di Uzbekistan
Presentasi berikutnya oleh Mamasidikov tentang Pengembangan energi di uzbekistan dan dilanjutkan oleh Mr Kim tentang pengembangan Solar Cell yang telah dilakukan di ETRI
Pukul 12:00 makan siang di ruang makan ETRI dengan menu yang sama dengan kemarin, makanan khas korea
Pukul 14:00 Presentasi dari Mr Lee, Korea Bank tentang ODA
Pukul 14:30 giliran saya presentasi tentang Peranan Teknologi dan peluang Bisnis Industri Telekomunikasi di Indonesia, lumayan mendapat tanggapan positif dan ada pertanyaan tentang implementasi TDMA khususnya TV mobile di Indonesia, yang hingga saat ini belum ada standar dan aturannnya
Presentasi berikutnya pukul 15:00 oleh pak Rinaldi Adam dari Indonesia juga yang mempresentasikan tentang perkembangan sumber daya alam di Indonesia dan rencana pengembangannya kedepan
Pukul 16:00 presentasi oleh Mr Han (ETRI) tentang Virtual Infrastructure Environment dan Pukul 16:30 presentasi terakhir oleh Mr Azmir dari malaysia tentang perkembangan IT di Malaysia
Kami kembali kehotel pukul 17:15 dengan mini bus MPV dan pada pukul 18:45 kami berkumpul kembali dan berjalan kaki untuk makan malam semacam Sukiyaki yang letaknya sekitar 15 menit dari hotel hingga pukul 21:00 yang kami gunakan juga untuk sedikit berjalan-jalan seputar hotel
Kamis, 20 Nopember 2008, pukul 08:45 kami berkumpul kembali di loby dan melakukan check out dari hotel untuk menuju Seoul dengan menggunakn bus, tepat pukul 09:15 bus berangkat
Pukul 10:45 kami tiba di Korean Folk Vilage (KFV) setelah perjalanan sekitar 1,5 jam dan kami melihat rumahrumah tradisional di Korea, melihat pertunjukan khas tarian korea
Pukul 12:0 kami makan siang di restoran yang terdapat dalam area KFV dengan menu sederhana telur dadar, nasi dan sup
Pukul 14:00 kami meninggalkan Folk Village setelah sebelumnya melihat museum korea tentang makna bulan dan acara tradisional di korea
Pukul 16:00 kami tiba di hotel Sommerser Palace Seoul setelah perjalanan 1 jam dari Folk Village yang lumayan melelahkan sehingga hampir semua peserta tertidur selama perjalanan
pukul 17:30 kami briefing terakhir setelah menaruh barang dikamar masing-masing, briefeng dan evaluasi dilakukan dilantai 2 hotel yang tempatnya cukup lumayan dan baik, masing-maisng perserta menyatakan kesan dan saran bagi ETRI untuk penyempurnaan p0enyelanggaraan tahun depan. Ternyata awalnya diundang 6 negara yaitu turkskistan dan Laos, akan tetapi ternyata cukup sulit untuk mendapatkan peserta walaupun telah menguhubungi kedutaan masing-masing. Rencana awal penyelenggaraan bulan oktober, akan tetapi karena kurang peserta maka acara baru diadakan nopember dengan cuaca yang cukup dingin
Pukul 19:30 kami makan malan di rerstoran vegetarian milik temple of budha yang sangat terkenal di Seoul, letaknya tidak jauh dari hotel didaerah Incheon yang banyak terdapat penjualan soevenir khas korea seperti gantungan kunci, boneka dsb
pukul 20:30 kami menuju Dong Daenum daerah pusat perbelanjaan di Seoul yang buka dari jam 10:00 hingga pukul 5 pagi, disana banyak terdapat barang khas korea yang lumayan mahal, seperti tas dengan brand internasional yang dibuat di korea, kaos, topi dsb perjalanan dari hotel menggunakan subway dengan biaya 1000 won per-orang
Pukul 22:30 kami kembali ke hotel dengan menggunakan subway (kereta bawah tanah) dengan perjalanan hanya 10 menit
pukul 23:00 kami briefing lagi persiapan kepulangan beberapa delegasi besok pagi, yang dimulai dari tim malaysia akan berangkat pukul 08:20, vietnam pukul 10:30, indinesia 15:20 dan uzbekistan ppukul 17:30
pukul 24:00 saya dan tim ubekistsan di business room buka internet hingga pukul 01:30 sambil tukar informasi
Jumat, 21 Nopember 2008, pukul 07:00 saya makan pagi dan bertemu dengan Mr Lee yang akan kembali ke Daejon serta mengantar tim Vietnam kembali ke airport
Pukul 09:00 kami menuju In untuk melihat pasar tradisional yang merupakan grosir cendera mata dan pakaian
Pukul 11:30 kami kembali ke hotel dengan menggunakan taxi dan biaya sekitar 3.300 won
pukul 12:00 kami checkout untuk kembali ke Indonesia
pukul 13:30 kami tiba di bandara iNcheon dan melakukan chek in dapat jursi nomor 41 F, ternyata pesawat tidak begitu penuh jadui saya pindah jke kursi 50 G
Pukul 15:20 pesawat KE 627 berangkat ke indonesa, sajian makanan cukup lumayan dan enak, sambil nonton film dark night
Pukul 20:30 pesawat tiba di bandara Soekarno Hatta dan setelah mengambil bagasi saya menuju tempat bus damri tujuan blok m, turun di ratu plaza dan melanjutkan dengan taxi kerumah
Pukul 22:30 tiba dirumah.