Gerakan OVOP


Gerakan OVOP (One Village One Produk) atau Satu Desa Satu Produk (SDSP) merupakan suatu gerakan sosial yang tumbuh dari bawah keatas (bottom up) dan mulai dikembangkan oleh Morihiko Hiramatsu, seorang mantan pejabat MITI yang terpilih menjadi Gubernur Propinsi Oita pada tahun 1979. Gerakan ini didasari dengan ide ingin mengembangkan potensi daerah agar bisa menjadi lebih baik dengan melibatkan tokoh masyarakat dan masyarakat itu sendiri sehingga termotivasi bangkit dan membangun daerahnya menjadi daerah yang makmur serta mensejahterakan masyarakat.

Dalam buku ini dijelaskan tentang latar belakang dimulainya pengembangan gerakan OVOP, Prinsip dasar gerakan OVOP, serta Keberhasilan gerakan OVOP dalam berbagai sektor industri (pertanian, pariwisata, kerajinan dsb.) khususnya di negara Jepang serta pengalaman beberapa Negara Asia (Thailand, Malaysia dan Philipina) dalam melakukan gerakan yang sama untuk meningkatkan peran daerah menjadi lebih baik lagi.

Penulisan buku ini didasari oleh besarnya keinginan daerah dalam berupaya peningkatan pendapatan daerah dengan memanfaatkan potensi daerah semaksimal mungkin serta dalam rangka mendukung pelaksanaan Inpres No. 6 tahun 2007 tentang Kebijakan Percepatan Pengembangan Sektor Riil dan Pemberdayaan UMKM, dan juga Inpres No. 5 tahun 2008 tentang Fokus Program Ekonomi Tahun 2008-2009, sehingga dengan demikian akan lebih banyak lagi daerah dengan dibantu kelompok UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang ada didaerah mau melaksanakan pengembangan daerahnya dengan mengikuti atau meniru pola gerakan OVOP.

Harapan kami semoga buku ini banyak memberikan manfaat bagi kita semua dan bisa menjadi tambahan pengetahuan dan inspirasi bagi para pemimpin daerah atau pelaku UMKM untuk mau menggali potensi yang ada didaerah sehingga mempunyai nilai tambah yang lebih besar dan mampu mensejahterakan masyarakat.

Salam Y Sugiharto

Terbit Mei 2008, Penerbit : Benchmark Creative Business Solution

Anda berminat dengan buku ini: Hubungi Toko Buku Terdekat atau Hubungi via sms 0811 17 7230


0 komentar:

Posting Komentar

 
Animated Chocolate Heart Shiny Love

Translate